Jumat, 09 Desember 2016

Tas dari Batang Pisang

Tak sedikit orang yang menganggap bahwa batang pohon pisang adalah sampah yang kurang berguna bagi kita. Namun bagi  sebagian orang yang mempunyai jiwa kreatif yang besar, batang pohon pisang yang tadinya kurang berguna bisa dijadikan menjadi sebuah barang atau karya seni yang indah dan mempunyai nilai tinggi. Bahkan sebagian orang masih ada yang belum pernah melihat tas dari batang pohon pisang, nah pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan tentang tas yang bahan dasarnya terbuat dari batang pisang itu sendiri.

Dan bagi anda  yang ingin mengetahui cara pembuatan tas tersebut, maka dari itu dalam artikel kali ini saya akan menjelaskannya. Untuk informasi lebih jelas lagi mari kita simak penjelasan sebagai berikut, diantaranya :


Bahan - bahan
  • Batang pisang
  • Pisau
  • Benang kasur
  • Warna finishing
  • Cat pernis


Langkah - langkah
  1. Batang pisang dibuat menjadi bilah - bilah, kemudian bilah - bilah batang pisang tersebut, setelah itu keringkan dengan dijemur selama 10 hari. Tanpa dioven ( supaya seratnya bagus) kemudian serat yang kering dirajut atau dianyam sehingga membentuk menjadi tas.
  2. Hasil pengeringan batang pisang kemudian dipilih hingga beberapa meter panjangnya.
  3. Hasil pilinan serat gedebok pisang kemudian dianyam atau dijalin menjadi tas.
  4. Agar kuat, anyaman serat dilem dan diikat dengan benang kasur. Kemudian dilakukan finishing produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Tampilan serat gedebok pisang umumnya kusam, untuk mencerahkan digunakan cat pernis berbahan dasar air.
  5. Jadilah tas cantik dari batang pisang





dapurkreasi90.blogspot.co.id


Cantik bukan ? Demikian artikel pembahasan tentang pembuatan tas dari batang pisang. Dan mungkin anda semua bisa langsung mencobanya dirumah. Terima kasih.

1 komentar:

  1. As claimed by Stanford Medical, It's in fact the SINGLE reason this country's women live 10 years longer and weigh on average 19 KG lighter than we do.

    (By the way, it is not about genetics or some secret-exercise and really, EVERYTHING around "HOW" they eat.)

    BTW, What I said is "HOW", and not "what"...

    Tap on this link to find out if this short test can help you release your real weight loss potential

    BalasHapus