Kamis, 08 Desember 2016

Bikin Mangkok Unik dari Bekas Batok Kelapa

Hampir semua tentunya sudah tidak asing lagi dengan namanya tempurung kelapa, apalagi yang sering minum es dengan, biasanya kalau es degan hijau penjulanya langsung mengupas dan melubangi kelapa untuk langsung dikerok isi kelapa nya dan airnya bisa dituangkan ke dalam gelas. Terkadang kelapa yang sudah abis atau tidak terpakai lagi biasanya langsung dibuang,namun beberapa orang dapat memanfaatkan batok/tempurung kelapa yang sudah tak terpakai itu bisa dimanfaatkan untuk membuat beberapa buah mangkok unik.

Dan kesempatan kali ini akan membahas tentang tatacara pembuatan mangkok yang bahan dasarnya dari batok/tempurung kelapa.Disin saya akan menejelaskan apa sang mesti disediakan dan langkah apa saja pembuatannya sebagai berikut :

Alat dan bahan :
  • Gergaji besi
  • Amplas halus
  • Mineral oil
  • Kuas kecil 1 1/2 "

Langkah - langkah :
  • Daripada repot mengupas kulit kelapa yang tebal, sebaiknya  anda minta saja penjual kelapa untuk mengupas rata kulitnya (dengan berang).
  • Sesampainya di rumah, sobat tinggal melubanginya dan menuangkan air dengan ke dalam gelas. 





  • Potong batok kelapa menjadi 2 bagian menggunakan gergaji halus, sebaiknya tidak memakai gergaji kayu yang kasar yang menjadikan lebih mudah tersangkut gergajinya.Pemotongan batok kelapa tidak pas tengah, melainkan dilebihkan sedikit yaitu sekitar perbandingan 40:60, dimana yang 60% bagian dipakai sebagai kerajinan mangkok dan 40% bagaiannya bisa dipakai sebagai kaki/pondasi dasar mangkok.
  • Saatnya penghalusan, amplas bagian luar dan bagian dalam batok kelapa menjadi halus dan bersih.








  • Langkah terakhir, tergantung batok ini mau dijadikan sebagai kerajinan/ hiasan ataukah sebagai mangkok wadah makanan. 
-  Jika sebagian hiasan ..........maka dapat disemprot, atau sebaiknya di vernish agar warna asli tetap terjaga seperti gambar dibawah.
bagian dinding dapat dimodif sesuai selesa baik di pahat, dilubang - lubang, ataupun di model gelombang.

- Sedangkan bila akan dipakai sebagai mangkok minuman atau makanan maka harus menggunakan bahan yang foodgrade diantaranya yaotu minela oil.
lapisi batok yang sudah bersih halus dengan mineral oil menggunakan kuas kecil 1 1/2 " keringkan minimal selama 24 jam sebelum pemakaian.




Akhirnya batok kelapa telah berubah menjadi mangkok yang keren dan indah. Dan anda pun setelah membaca artikel ini bisa langsung mencobanya di rumah. Terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar